Penghentian Diskresi Oleh KSOP Balikpapan Pengaruhi Logistik IKN, Pengguna Jetty Menjerit
- Rabu, 19 Februari 2025
JAKARTA - Penghentian kegiatan curah oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I (KSOP) Balikpapan di Terminal Kaltim Kariangau (KKT) telah memicu keresahan di kalangan pengguna jetty, terutama yang terkait dengan proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Keputusan yang diambil KSOP ini menimbulkan keluhan karena menghambat pengiriman dan bongkar muat logistik yang krusial untuk proyek berstatus Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut.
Penghentian Diskresi: Apa yang Terjadi?
Menteri Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut sebelumnya memberikan diskresi kepada KKT, operator Terminal Peti Kemas (TPK) Karingau, agar bisa melanjutkan kegiatan multipurpose hingga batas akhir yang ditetapkan pada 31 Januari 2025. Namun, diskresi tersebut dihentikan setelah KKT gagal melengkapi izin yang diperlukan dalam batas waktu yang ditentukan.
Keputusan ini menimbulkan dampak signifikan pada alur pengiriman logistik untuk pembangunan IKN di Kalimantan Timur. Salah satu perusahaan pengguna yang enggan disebutkan namanya menyatakan ketidakpuasannya terhadap situasi ini.
“Jujur saja, dengan disetopnya kegiatan curah di KKT ini menghambat kinerja alur pengiriman dan bongkar muat logistik IKN,” ujarnya
Pengguna ini juga menyatakan bahwa perpanjangan diskresi seharusnya diberikan oleh Kementerian Perhubungan, mengingat pentingnya proyek IKN yang memerlukan kelancaran pengiriman logistik tanpa hambatan.
Kritik dan Kerugian bagi Perusahaan Terkait
Beberapa perusahaan BUMN yang terikat kontrak dengan KKT dan berkaitan langsung dengan proyek IKN merasa dirugikan akibat ketidakpastian ini. Kelancaran operasi logistik mereka terganggu, menyulitkan koordinasi di lapangan.
“Kami pun bekerja ditarget dengan waktu juga. Kalau tersendat seperti ini, kami sulit untuk koordinasi di lapangan dan merembet ke mana-mana,” tambah narasumber tersebut.
Rumor muncul terkait adanya rencana pengalihan kegiatan ke pelabuhan milik swasta. Hal ini menimbulkan pertanyaan dari berbagai kalangan, mengingat pelabuhan milik BUMN seperti KKT lebih dekat secara geografis dibandingkan fasilitas pelabuhan swasta. Salah satunya adalah pelabuhan umum yang berada di Kawasan Industri Somber.
“Orang awam saja pasti dengarnya aneh. KSOP yang mewakili pihak pemerintah kok justru merekomendasikan ke pihak swasta? Padahal ada jetty milik BUMN. Lebih aneh lagi, kegiatannya berdekatan dengan jetty milik KKT. Ini sebenarnya ada apa?” ungkapnya.
Konfirmasi dari Kementerian Perhubungan
Saat Media Kaltim mencoba mengonfirmasi kabar ini kepada Kementerian Perhubungan, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Elba Damhuri, menyarankan agar mendapatkan keterangan langsung dari KSOP Balikpapan.
“Untuk sementara, tunggu saja komentar dari KSOP Balikpapan ya,” ujar Elba melalui pesan WhatsApp pada Rabu 12 Februari 2025
Meskipun demikian, keterlambatan informasi resmi semakin mengintensifkan ketidakpastian di kalangan pemangku kepentingan, khususnya mereka yang secara langsung terlibat dalam pembangunan IKN.
Dampak Terhadap Proyek IKN
IKN merupakan proyek ambisius yang tengah berjalan sebagai bagian dari strategi pemerataan pembangunan di Indonesia, menjadi prioritas utama pada pemerintahan saat ini. Penghentian diskresi pada KKT ini menambah daftar panjang tantangan logistik yang perlu segera diatasi guna mencegah penundaan yang lebih lama.
Strategi pengembangan infrastruktur dan logistik yang memadai sangat dibutuhkan untuk menjamin kelancaran pasokan material yang mendukung pembangunan IKN. Setiap hambatan logistik bisa berpotensi menambah biaya dan mengganggu penjadwalan yang sudah ditetapkan.
Kesimpulan
Situasi ini merupakan panggilan bagi semua pihak terkait untuk segera mencari solusi, memastikan arus logistik untuk pembangunan IKN kembali normal. Koordinasi antara pemerintah, operator terminal, dan pengguna harus diperkuat demi menjamin kelancaran penyelesaian proyek PSN yang menjadi andalan dalam membawa Indonesia menuju era baru pemerataan pembangunan.
Dalam perkembangan terbaru, semua mata kini menantikan respons dari KSOP Balikpapan yang krusial untuk menjelaskan arah kebijakan yang lebih jelas serta memberikan jawaban atas keprihatinan yang sudah digaungkan oleh pihak-pihak terkait.
Baca JugaDampak Investasi Asing Dorong Perluasan Program KLIK Kawasan Industri Nasional
David
navigasi.co.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.
Rekomendasi
BABY Siapkan Rights Issue untuk Mendukung Akuisisi Saham PT Emway Globalindo
- Jumat, 19 Desember 2025
Baramulti BSSR Tebar Dividen Interim Sebesar Rp127 Per Saham Januari 2026
- Jumat, 19 Desember 2025
Sime Darby Property Perkuat Ketangguhan Kota Lewat Tata Kelola ESG
- Jumat, 19 Desember 2025
Semen Indonesia SMGR Perkuat Tata Kelola Demi Transparansi Informasi Publik
- Jumat, 19 Desember 2025
Polri Distribusikan Ratusan Tandon Air Bersih Bagi Warga Pascabencana Aceh
- Jumat, 19 Desember 2025
Berita Lainnya
Baramulti BSSR Tebar Dividen Interim Sebesar Rp127 Per Saham Januari 2026
- Jumat, 19 Desember 2025
Sime Darby Property Perkuat Ketangguhan Kota Lewat Tata Kelola ESG
- Jumat, 19 Desember 2025
Semen Indonesia SMGR Perkuat Tata Kelola Demi Transparansi Informasi Publik
- Jumat, 19 Desember 2025
Polri Distribusikan Ratusan Tandon Air Bersih Bagi Warga Pascabencana Aceh
- Jumat, 19 Desember 2025
Pemerintah Laporkan Pemulihan Infrastruktur Pascabencana Banjir Bandang di Sumatera
- Jumat, 19 Desember 2025
Terpopuler
1.
Daftar Menu Diet IF Seimbang untuk Pemula Agar Tetap Bertenaga
- 19 Desember 2025
2.
3.
7 Tips Menyimpan Minyak Goreng Agar Tidak Tengik dan Tetap Jernih
- 19 Desember 2025
4.
Keju Tinggi Lemak Ternyata Bermanfaat untuk Memori dan Otak Sehat
- 19 Desember 2025

_badan_pengelola_investasi_(bpi)_danantara_dony_oskaria.jpg)





